Rabu, 04 Januari 2017

Backpacker ke nusa penida || solopacker

nusa penida adalah satu destinasi tujuan buat gw melakukan backpacker sendiri dan seperti destinasi2 yg lain gw suka melakukan solopacker.

Entah  kenapa gw lebih nyaman jalan sendiri ketimbang harus banyakan,ya walau sejujurnya gw lebih suka jalan berdua

Dan gw yakin dalam setiap perjalanan pasti gw aka menemukan teman seperjalanan untuk bisa sharecost biaya yg mungkin dirasa terlalu berat.

Akhir tahun 2016 gw putuskan untuk memulai perjalanan kesana.

Dengan segala persiapan dan perbekalan yg udah gw susun pada tgl 26 desember gw mulai perjalanan dari bandung ,kota tempat dimana gw tinggal

Disini gw akan bercerita rute perjalanan,estimasi biaya dan waktu yg pasti ala backpacker gembel kaya gw.

Gw mulai perjalanan dari stasiun kiaracondong bandung dengan kereta kahuripan menuju stasiun lempuyangan jogjakarta,Untuk tiket seharga 84ribu.

Dari lempuyangan gw pun melanjutkan perjalalanan ke banyuwangi dengan kereta sri tanjung dengan harha 94 ribu dan gw berhenti di stasiun karang asem. Di stasiun karanh asem ini ada tempat buat kita para backpacker istirahat,namanya rumah singgah banyuwangi.

Di rumah singgah inilah kita akan bertemu banyak para pelancong yg mungkin akan mempunyai tujuan yg sama dan disini kita bisa mencari teman seperjalanan. Selain itu rumah singgah banyuwangi yg di kelola mas rahmat,dia juga menyediakan sewa motor. Yg biasa di sewa untuk para pelancong ke kawah ijen dan wisata lain nya sekitar banyuwangi.

Sekedar melepas lelah dan pegal selama perjalanan di kereta gw sejenak istirahat di rumah singgah sambil menyewa motor. Ya gw akan ke bali pake motor karena setelah ge hitung2 budget naik bus dan sewa motor itu ga jauh beda. Dan enak nya kalo pake motor kita bisa mampir ke destinasi lain di bali setelah dari nusa penida.

Jam 02:00 gw lanjutkan perjalanan ke bali dengan motor. Bali itu kota yg aman,damai jadi kalian ga usah takut begal atau lain nya untuk berjalan bawa motor sendiri tengah malam.dan gw salut sama warga bali yg ramah2.

Dari banyuwangi tujuan gw ke padang bai tempat dimana nanti gw akan menyebrang ke pulau nusa penida. Selain dari padang bai,ke nusa penida pun bisa via sanur dengan speed boat dengan harga 75ribu yg lebih cepat jarak tempuh nya,cuma kalo lewat sanur ga bisa bawa motor dan mau ga mau harus sewa motor di nusa penida. Sekitar 60 ribu/hari sewa motor disana. Dan nanti gw akan cerita jalut mana yg lebih recomended dan murah. Via sanur atau padang bai.

Malam masih gelap dan melajukan kendaraan sendiri menuju pelabuhan ketapang. Untuk ongkos ke pelabuhan ketapang seharga 22 ribu untuk 1motor dan 1 orang.

Ga sampai 20 menit gw udah sampai di pelabuhan gilimanuk.

Untuk kalian yg ingin ke bali via ketapang-gilimanuk harap semua surat2 lengkap. Karena nanti akan ada pemeriksaan KTP,SIM dan STNK kendaraan. Satu aja yg ga ada kalian ga bisa masuk bali. Dan ada 2x pemeriksaan.

Setelah sampai gilimanuk dan lewati pemeriksaan gw lanjutkan perjalanan ke pdang bai yg kurang lebih di tempuh dalam waktu 5 jam.

Setelah 5 jam melintasi selatan pulau dewata gw sampai di padang bai. Padang bai ini pelabuhan untuk penyebrangan ke lombok.

Pada waktu gw kesana penyebrangan ke nusa penida dari padang bai ada 2x dalam sehari menggunakan kapal nusa jaya abadi dengan harga 48ribu/motor dan 31 ribu/orang jadi kalo kalian bawa motor dan sendiri total 79 ribu sekali nyebrang. Dan ini menurut gw kemahalan.

Kapal nusa jaya abadi berangkat dari padang bai setiap jam 9 dan jam 1 siang. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Rekomendasi gw kalo mau ke nusa penida lebih baik nyebrang via sanur dan nyewa motor di nusa penida nya aja itu lebih irit beberapa ribu dan yg jelas lbh irit waktu.

Sampai di nusa penida gw bingung harus kemana. Pertama gw ga tau daetah itu dan lokasi2 destinasi nya gw ga tau. Akhirnya gw bula maps dan gw ikutin petunjuk maps ke destinasi itu.

Seharian gw keliling nusa penida.

Ke crystal bay,broken beach,angel bilabong dll. Behubung gw backpacker sengaja gw ga nyari penginapan buat gw bermalam tapi gw bawa tenda di tas ransel gw yg gede banget. Di nusa penida kita bisa camping di beberapa tempat. Rekomendasi gw camping di klingking beach sebelah kiri disana view nya ajib pisan lah. Atau di broken beach.

Di broken beach kita juga bisa numpang tidur di warung yg ada disana.

Berhubung pada waktu itu ga ada yg ngcamp gw pun ga jadi ngcamp dari pada ribet buka pasang tenda mendingan gw numpang tidur di saung warung dan gw minta izin saama yg punya nya.dia pun membolehkan.

Waktu itu gw udah sore saat sampai broken beach dan pengunjung pun udah sepi yg tersisa hanya gw dan ibu pemilik watung yg sedang menyiapkan kopi,dupa dan segala macam untuk di taruh di bawah pohon. Ko rada mistis gini ya pikir gw. Mana wangi dupa itu menyengat banget

Gw pikir2 nanti malam gw tdr sendiri dan gelap ditambah wangi dupa. Pikiran gw langsung aneh3 dan akhirnya gw memutuskan beranjak dari tempat itu.

Gw lebih memilih tidur di pelabuhan yg sedikit ramai dan terang.

Akhirnya malam itu gw istirahat di pelabuhan.di depan kantor tempat pembelian tiket kapal.

Sebelum tdr perut gw berasa lapar.sambil menemani warga situ yg sedang mancing cumi gw memasak mie dan telor dari perbekalan logistik yg gw bawa.

Dengan senang nya hati gw masak di pinggir pantai sambil ngobrol dengan yg mancing.

Malam malam gw lalui dengan hembusan angin laut,mungkin udah terlalu cape gw tidur pun nyenyak di lantai depan pelabuhan.

Dan esok harinya gw lanjutin perjalanan ke pantai atuh,pantai sabela dll tapi waktu ge ga cukup karena ngejar waktu kebetangkatan kapal jam 10 pagi. Padahal gw mulai bangun dan explore hari kedua itu jam 5 subuh

Nusa penida itu ternyata luas dan 2 hari ga cukup untuk explore semuanya.

Balik dari nusa penida gw mampir ke kuta,sanur,seminyak,tanah lot dll sekalian arah balik ke banyuwangi.

Estimasi biaya backpack ke nusa penida dari bandung (opsi 1 via padang bai)

Kereta bdg-jogja = 84 ribu (2x) PP

Kereta jogja-bwi = 94 ribu (2x) PP

Ketapang-gilimanuk = 22 ribu (2x) PP

Padang bai-nusa penida =79 ribu (2x) PP

Sewa motor 2 hari =150 ribu

Bensin selama 2 hari = 80 ribu

Jadi total dari via padang bai itu =  788 ribu (kalo sewa motor di bwi)

Opsi 2 sewa motor di nusa penida

Kereta bdg-jogja = 84 ribu (2x) PP

Kereta jogja-bwi = 94 ribu (2x) PP

Ketapang-gilimanuk = 7500 (2x) PP

Gilimanuk -terminal ubung denpasar = 40ribu via bus (2x)PP

Terminal ubung -sanur = 14 ribu via gojek (2x) PP

Sanur-nusa penida = 75 ribu (2x) PP

Sewa motor di nusa penida = 120 ribu (2 hari)

Bensin = 30 ribu

Total = 779 ribu

Emang selisih dikit sih via sanur atau padang bai.

Cuma kalo lewat sanur kalian bisa punya waktu lbh banyak di nusa penida nya

Kalo via pdang bai waktu sedikit tapi bisa main2 di bali dengan motor yg di bawa.